19
Dec
10

tugas2_sim

Aplikasi CRM dalam Bisnis Intelijen
Sistem CRM dan Business Intelligence yang terintegrasi dengan alat-ujung depan perusahaan dan sistem back-end dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan operasional perusahaan. Secara umum aplikasi business Intelligence dapat membantu perusahaan dari atas ke bawah untuk mengatur dan mengelola pelanggan dan data transaksi, meningkatkan pengambilan keputusan taktis dan strategis-keputusan, sehingga meningkatkan perkembangan perusahaan. Business Intelligence dapat menggunakan sebagai suatu strategi dalam memenangkan pasar yang persaingannya ketat ini.
Aplikasi business Intelligence seperti QlikView dan Microsoft business Intelligence Analytics terutama digunakan untuk mengekstrak informasi dari berbagai sistem operasional untuk secara rasional mengatur bisnis “dashboard” i. “Dashboard” untuk menyediakan bisnis bisnis-ringkasan informasi penting informasi visual. Jika demikian dashboard berfungsi harus dihubungkan ke data, yaitu data yang dihasilkan oleh aplikasi CRM. Dashboard untuk mengintegrasikan informasi secara real time, terkait dengan tampilan pengguna indikator kinerja utama (KPI) atau indikator keuangan utama (KFI). KPI dan KFI adalah ukuran dari tujuan perusahaan untuk menyelesaikan tingkat tinggi indikator tertentu. Dashboard KPI dapat membantu Manaje untuk memahami operasi perusahaan, dan indikator-indikator yang mendalam “bor” dan analisis untuk membuat informasi bisnis dan situasi saat ini, ramalan dan pengambilan keputusan, dan benar mengendalikan perusahaan terhadap kesehatan arah. KPI Khas indikator, termasuk perkiraan penjualan dan pendapatan, anggaran keuangan, arus kas, peluang penjualan, tingkat konversi, frekuensi perputaran persediaan (manajemen persediaan). Dashboard juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi atau data statistik.Dengan dashboard sebagai dasarnya perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara melakukan monitoring dan controlling indikator-indikator penting yang berpengaruh pada kesuksesan dalam mempertahankan pelanggan. Dashboard ini nantinya dapat berguna untuk membantu pengambilan keputusan bagi perusahaan untuk langkah selanjutnya dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya.
Sistem Business Intelligence dan CRM memainkan peran yang penting dalam mencapai keuntungan yang kompetitif bagi perusahaan seperti penggalian informasi dari database dapat membantu memprediksikan pola belanja seorang pelanngan dan perilaku pelanggan tersebut.Aplikasi Business Intelligence dengan tool data miningnya juga dapat membantu perusahaan untuk memperlakukan mereka secara berbeda atau spesial dan perusahaan juga dapat menawarkan produk atau jasa mereka kepada orang yang tepat dan di waktu yang tepat juga. Untuk meningkatkan dan memanfaatkan hubungan dengan pelanggan, tools dari aplikasi Business Intelligence digunakan untuk membantu sistem CRM fokus kepada pengambilan keputusan, penelitian pasar, target marketing, layanan konsumen, dan kolaborasi konsumen dalam produk dan layanan.

Sales Force Automation

Sales Force Automation (SFA) merupakan modul yang diintegrasikan dengan aplikasi CRM yang berfungsi untuk mengatur aktifitas yang berkaitan dengan sales force. Modul ini sangat penting karena disinilah tersimpan data-data setiap leads dan prospek, yang kemudian dikelola oleh sales force sebelum akhirnya dikonversi menjadi customer. Dengan VinnoCRM Sales Force Automation, perusahaan dapat mengetahui secara mendalam setiap opportunity penjualan yang sedang berlangsung, mengidentifikasi permasalahan yang sering terjadi dalam proses penjualan, melakukan cross-selling dan up-selling, dan laporan-laporan penting lainnya. Sistem VinnoCRM memungkinkan berperan sebagai continous improvement yang memungkinkan perusahaan berada lebih dekat dengan apa yang diinginkan oleh customer. Kehadiran VinnoCRM sebagai salah satu media mungkin bisa menjawab tantangan tersebut. Karena aplikasi VinnoCRM dapat diimplementasikan dalam perencanaan komunikasi pemasaran, yang memberikan nilai tambah pada strategi komunikasi yang melibatkan kegiatan sales promotion, sales force automation, periklanan, public relations, direct response yang dipadukan untuk menghasilkan dampak komunikasi yang berarti.
Sales Force Automation Process:
• Lead Management
Lead Management adalah sub-modul dari SFA untuk menampung data-data dari setiap leads atau prospek yang didapat oleh salesperson. Jika dalam waktu tertentu leads tidak difollow-up, maka sistem akan secara otomatis memindahkan lead tersebut (Leads Routing) kepada salesperson lain.

Lead Management juga memberikan informasi darimana leads berasal, apakah melalui cold call, website, referensi, dan sebagainya, sehingga aktifitas pemasaran dapat difokuskan kepada sumber leads yang paling menghasilkan.

Activity Management
Activity Management adalah tempat dimana salesperson mencatat aktifitas-aktifitas penjualan yang telah dilakukan, apakah itu presentasi, submit proposal, sales calls, dan juga bisa dimasukkan berapa jumlah cost atau biaya yang timbul selama aktifitas tersebut, sehingga dapat diketahui laporan cost vs. activity.

Activity Management juga telah dilengkapi dengan fitur Reminder, sehingga jika ada aktifitas-aktifitas tertentu yang harus dikerjakan dikemudian hari, maka software CRM akan secara otomatis melakukan notifikasi kepada salesperson yang bersangkutan.

Opportunity Management
Opportunity Management menyimpan informasi-informasi peluang penjualan apa saja yang sedang terjadi dengan prospek atau customer tertentu. Disini dapat diketahui berapa nilai peluang tersebut, siapa saja orang-orang yang terlibat di dalamnya, dan sudah sampai dimana status penjualannya. Opportunity Management sering juga disebut dengan istilah Potential Management dalam CRM.

Account Management
Data-data perusahaan atau institusi (bukan individu) yang telah qualified dalam sebuah siklus penjualan akan dimasukkan ke dalam Account Management. Dari sub modul SFA ini nantinya akan diketahui data-data seperti tipe account, jenis industry, skala usaha, jumlah karyawan, alamat dan nomor telepon, website, dan sebagainya.

Contact Management
Jika Account Management menyimpan data-data dari sebuah perusahaan atau institusi, maka Contact Management menyimpan dan mengelola data-data masing-masing individu yang berada dalam perusahaan tersebut.

Sales Quote
Kini sales force Anda dapat mengerjakan hal-hal yang bersifat administrative dengan lebih mudah, misalnya adalah dalam membuat Sales Quotation, yang dapat memakan waktu lama jika dikerjakan secara manual.

Dengan Sales Quote Management, salesperson kini dapat membuat Sales Quote secara lebih mudah dan lebih cepat, dengan template yang telah tersedia dan dapat disesuaikan. Setiap Sales Quote yang telah dibuat akan secara otomatis terekam ke dalam software sehingga memudahkan tracking.

Marketing Automation
Modul Marketing Automation dari VinnoCRM membantu perusahaan Anda dalam melakukan Marketing Campaign menggunakan SMS Marketing dan Email Marketing. Modul CRM ini penting dalam menciptakan leads-leads baru yang mungkin saja tertarik membeli produk atau jasa (Leads Generation), sehingga leads tersebut bisa diarahkan ke bagian sales.

Marketing Campaign merupakan hal yang tidak terpisahkan dari strategi CRM sebuah perusahaan. Modul Marketing Automation VinnoCRM dapat membantu secara sistematis dalam menjangkau calon-calon pelanggan baru, sementara disisi lain membina relationship secara berkala dengan existing pelanggan.
CRM dengan Email and SMS Marketing
• Campaign Management
Campaign Management adalah sub modul dari Marketing Automation untuk mengatur campaign yang akan dilakukan, misalnya adalah tema campaign, tanggal dimulai dan berakhirnya campaign, sasaran yang ingin dicapai dari campaign tersebut, respond yang dihasilkan, hingga ke perkiraan biaya.

Email Marketing
Aplikasi Email Marketing dapat membantu untuk menciptakan HTML email template dengan design yang lebih atraktif dan professional dn aplikasi ini juga dapat menciptakan marketing campaign seperti e-brochure, e-catalogue, ataupun newsletter berkala.

SMS Marketing
Selain dengan aplikasi email, CRM Anda juga dapat dilakukan melalui media SMS yang dapat mengirimkan dan memunculkan sender ID (masking number) berupa nama perusahaan sehingga terlihat lebih professional dan kredibel.

Personalized Marketing Campaign
Dengan Personalized Marketing Campaign dapat dilakukan setting tertentu sehingga masing-masing pesan akan menyebutkan nama si penerima secara personal.

Targeted and Focused Campaign
Dengan Marketing Automation dari software VinnoCRM dapat mem-filter terlebih dahulu target audience berdasarkan parameter-parameter seperti gender, agama, kota, tanggal kelahiran, group, dan sebagainya, sehingga campaign CRM akan menjadi lebih terfokus dan tepat sasaran.

Easy Tracking
Untuk setiap campaign yang telah dilakukan, dapat dengan mudah melakukan analisa hasil dari marketing campaign tersebut untuk mengetahui siapa yang membuka email , siapa saja yang unsubscribe newsletter, berapa banyak respon atau inquiry yang masuk via SMS, hasil pengiriman SMS (sent, queue, atau failed), dan sebagainya.

CRM dengan Call Center Aplikasi
Call Center merupakan channel komunikasi dengan pelanggan yang menggunakan perangkat telepon yang diintegrasikan dengan perangkat komputer dan headset. Dengan VinnoCRM, agent ataupun Customer Service seperti di perusahaan akan lebih mudah dalam mengelola setiap inbound calls ataupun outbound calls secara lebih efisien. Aplikasi Call Center ini dilengkapi dengan fitur-fitur dan laporan yang lengkap sehingga memudahkan dalam evaluasi kinerja call center pada perusahaan.

Kinerja Call Center
• IVR (Interactive Voice Response)
Interactive Voice Response (IVR) adalah fitur yang dapat memberikan informasi kepada pelanggan secara otomatis, baik itu informasi produk, promo-promo terbaru, info perusahaan, dan sebagainya. Pelanggan hanya perlu menekan keypad telepon tertentu untuk permintaan informasi, dan sistem IVR akan memberikan informasi tersebut dengan mendeteksi keypad yang ditekan.
• Auto Attendant
Fitur ini memungkinkan pelanggan yang sedang menelepon terhubung ke extension yang diinginkan secara self-service seperti untuk penjualan, tekan 1, untuk pelayanan, tekan 2, dll, dan memungkinkan penelepon untuk mencapai operator dengan panggilan nomor, misalnya “0”.
• Auto Recording
Aplikasi Call Center dari VinnoCRM dilengkapi fasilitas perekaman secara otomatis atas pembicaraan antara pelanggan dan agent, dimana rekaman suara pembicaraan ini seringkali sangat berguna untuk suatu keperluan dimasa yang akan datang. Hasil Recording akan di kelola pada sistem yang sediakan secara terorganisasi dan mudah untuk di akses.
• Call Waiting Management
Seringkali, penelepon yang menunggu antrian layanan customer service setelah menunggu beberapa menit dan ternyata semua customer service masih sibuk. Dengan system ini, penelpon akan mendapatkan waiting confirmation yang artinya akan ada respon dari system memberitahukan kepada penelpon apakah ingin tunggu lebih lanjut seperti untuk menunggu lebih lanjut, tekan “1”.
• Whispering
Fitur ini sangat berguna bagi agent yang mengalami kesulitan atau agent yang masih baru dalam memberikan solusi kepada pelanggan yang sedang menelpon. Supervisor dapat membantu dengan memberikan asistensi atau bisikan yang hanya dapat didengar oleh agent, bukan oleh penelepon.
• Call Transferring
Digunakan untuk mentransfer suatu pembicaraan dari satu extension ke extension lainnya, atau seorang agent dapat melakukan transfer pembicaraan ke agent lainnya seandainya membutuhkan bantuan dari agent lain atau diminta dihubungkan ke agent tertentu oleh si penelepon.
• Agent Monitoring
Fitur Agent Monitoring ini digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap status agent secara realtime, sehinga diketahui apakah status agent sedang idle, online, offline. Dan jika status agent sedang online, dapat diketahui pula sedang melakukan pembicaraan dengan siapa dan sudah berapa lama.


0 Responses to “tugas2_sim”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


profil

profil

Nama:Afwandi
Alamat:Jln Syeh Quro Rt.03 Rw.18 Kel.Karawan Wetan-Karawng (41314)
Mobile Phon: 081586045434

Kalender

December 2010
M T W T F S S
« Jan   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d bloggers like this: