29
Dec
10

tugas sim 3

SOFTWARE ERP

 

software ERP (E Resource Planning)mengintegrasikan semua yang dari frontoffice hingga backoffice. Enterprise Resource Planning atau ERP software memberikan fungsi pada manajemen bisnis . Dengan bisnis perangkat lunak ERP dapat melacak semua informasi  .software ERP dapat membuat jadwal, mengedit daftar kontak, laporan email dan melacak data apapun. Software ERP adalah teknologi yang sangat membantu untuk bisnis atau semua ukuran.

Software ERP juga dapat  digunakan oleh usaha untuk menggabungkan, mengatur dan menjaga data yang diperlukan untuk operasi. Distribusi manufaktur, keuangan, sumber daya manusia dan hubungan pelanggan departemen, dapat di gabungkan ke dalam satu sistem software ERP

Secara umum manfaat software ERP adalah sebagai berikut :

  • Full integrated antara  data kuangan (GL, Hutang/Piutang, Kas/Bank) & data operasional (Order, Inventory/stock, pembelian, penjualan, retur)
  • Memastikan alur proses bisnis (prosedur operasi standar) yang baku/terstandard
  • Mempermudah pencarian dan penelusuran transaksi
  • Mempercepat informasi dan pelaporan dari semua lini perusahaan dari frontoffice hingga backoffice
  • Operasional bisnis menjadi efektif dan efisien
  • Kapasitas penjualan / pelayanan meningkat, pendapatan meningkat
  • Dengan meningkatnya fungsi kontrol, kebocoran stock bisa ditekan

Ada beberapa software-software ERP seperti : SAP dari Jerman, Oracle ERP dari Oracle atau software – software lain yang dibuat sendiri oleh perusahaan.Tapi implementasi dan pembangunan dari software tersebut sangat mahal dan membutuhkan budget time yang banyak. Tetapi dari kalangan open sourcer telah menyediakan sebuah tools yang bisa di download dengan gratis alias free, tetapi mungkin kurang familiar dan kurang promosi, sehingga product ERP ini kurang dikenal.

Contoh nya : Adempiere, http://www.adempiere.com/

Adempiere erupakan Opensource ERP yang pertama dan paling besar komunitasnya, menggunakan databse Oracle dan Sybase, adempiere juga dapat berjalan di platform Linux/Unix, maupun window

Olap

OLAP adalah singkatan dari On Line Analytical Processing . yaitu sistem yang dibuat untuk membantu dalam perencanaan, memecahkan masalah dan mendukung keputusan. OLAP multidimensi melakukan analisis data bisnis dan menyediakan kemampuan untuk perhitungan yang rumit, analisis kecenderungan, dan canggih pemodelan data. Hal ini cepat menjadi landasan dasar bagi Intelligent Solusi Manajemen Kinerja termasuk Bisnis, Perencanaan, Penganggaran, Peramalan, Pelaporan Keuangan, Analisis, Model Simulasi, Knowledge Discovery, dan Data Warehouse Pelaporan. OLAP memungkinkan pengguna akhir untuk melakukan ad hoc analisis data dalam berbagai dimensi, sehingga memberikan wawasan dan pemahaman yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang lebih baik menulis resume layanan

Dimensinya membentuk barbs berupa ukuran dan kolom berupa nilai dari matrik OLAP juga merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian data. Aplikasi khusus dari OLAP adalah pelaporan bisnis untuk penjualan, pemasaran, manajemen pelaporan, manajemen proses bisnis , penganggaran dan peramalan, laporan keuangan dan bidang-bidang yang serupa. Istilah OLAP merupakan perampingan dari istilah lama database OLTP (Online Transaction Processing) dan merupakan konsep dari sebuah kubus multidimesi atau hiperkubus yang terdiri dari numeric fact yang disebut ukuran dan dikategorikan sebagai dimensi dan menyediakan informasi tentang ukuran contohnya seperti kubus yang berisi penyimpanan sales sebagai ukuran dan tanggal/jam sebagai sebuah dimensi. Setiap penjualan memiliki label tanggal/jam yang menjelaskan lebih tentang penjualan itu.

Database yg dikonfigurasikan untuk pelayanan OLAP model data multidimensi, bisa digunakan untuk analisis komplek dan kueri khusus (ad hoc) dengan suatu laju waktu eksekusi. Mereka meminjam aspek database navigasi dan database hierarki yang lebih cepat daripada yang sefamilinya.

OLAP tidak menyimpan catatan transaksi individu dalam dua-dimensi, format baris-demi-kolom, seperti worksheet, melainkan menggunakan struktur database multidimensi-yang dikenal sebagai OLAP Cubes dalam terminologi-untuk menyimpan array informasi konsolidasi. Data dan formula disimpan dalam database multidimensi dioptimalkan, sementara pemandangan data dibuat sesuai permintaan. Analis dapat mengambil tampilan, atau Slice, dari Cube untuk menghasilkan tampilan worksheet-seperti tempat menarik.

Oltp

OLTP (pengolahan transaksi online) adalah sebuah kelas program yang memfasilitasi dan mengelola aplikasi yang berorientasi transaksi secara langsung(insert,update,delete) melalui komputer yang terhubung dalam jaringan., biasanya untuk entri data dan transaksi pengambilan di sejumlah industri, termasuk perbankan, penerbangan, mailorder, supermarket, dan produsen. Mungkin produk yang paling banyak OLTP terinstal adalah IBM CIC (Customer Information Control System).

Manfaat dari Oltp ini sangat sederhana dan efisiensi . OLTP (On-line Transaction Processing) ditandai oleh sejumlah besar transaksi on-line pendek seperti INSERT, UPDATE, DELETE. Penekanan utama untuk sistem OLTP disimpan di pengolahan query  sangat cepat, menjaga integritas data dalam lingkungan multi-akses dan efektifitas diukur dengan jumlah transaksi per detik. Dalam database OLTP ada data rinci  dan skema digunakan untuk menyimpan database transaksional adalah model entitas biasanya 3NF.

Data warehouse

Data warehouse adalah kumpulan data dari berbagai sumber yang ditempatkan menjadi satu dalam tempat penyimpanan berukuran besar lalu diproses menjadi bentuk penyimpanan multidimensional dan didesain untuk querying dan reporting. data warehousing termasuk alat intelijen bisnis, alat untuk mengekstrak, mengubah dan memuat data ke dalam repositori, dan alat untuk mengelola dan mengambil metadata.

data warehouse memiliki empat karakteristik, yaitu :

1.  Subject oriented, data yang disimpan disesuaikan dengan proses bisnisnya

2. Integrated, semua data diintegrasikan kedalam satu media penyimpanan, dalam hal ini adalah database yang sangat besar, dimana formatnya diseragamkan,

3. Time variant, data yang disimpan bersifat historical, dan

4. Non-volatile, data cenderung tidak berubah.

Tiga komponen utama Data Warehouse yaitu :

1. Data staging area Dalam tahap ini, data diolah dari sumbernya untuk siap menjawab query. Prosesnya terdiri dari extract,transform,load (ETL).

2. Data presentation area Dalam tahap ini, data diorganisasikan, disimpan dan dapat menjamin ketersediaannya akan segala kebutuhan query. Selain itu disini dilakukan juga penulisan laporan dan kebutuhan aplikasi untuk analisis selanjutnya.

3. Data access tools Penyediaan interface untuk penggunaan aplikasi untuk query data


0 Responses to “tugas sim 3”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


profil

profil

Nama:Afwandi
Alamat:Jln Syeh Quro Rt.03 Rw.18 Kel.Karawan Wetan-Karawng (41314)
Mobile Phon: 081586045434

Kalender

December 2010
M T W T F S S
« Jan   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d bloggers like this: